Berita

MONITORING AWAL MUSIM HUJAN 2023/2024 DI PROVINSI BALI, UPDATE 20 DESEMBER 2023

MONITORING AWAL MUSIM HUJAN 2023/2024 DI PROVINSI BALI, UPDATE 20 DESEMBER 2023


#semetonTANGGUH Dilihat dari daerah Zona Musim (ZOM) di Bali, hingga 20 Desember 2023 terpantau 9 ZOM yang sudah Masuk Musim Hujan, yang umumnya berada pada wilayah bagian tengah Bali. Terdapat 2 ZOM yang Indikasi Masuk Musim Hujan yaitu di ZOM 420 (Tabanan bagian barat) dan ZOM 435 (Gianyar bagian selatan, Klungkung bagian selatan dan Karangasem bagian selatan).


Jika dilihat per titik pos hujan, hingga 20 Desember 2023 terdapat 24 titik pos hujan yang Sudah Masuk Musim Hujan, yaitu Pos Hujan Busungbiu, Munduk, Pupuan, Pelaga, Baturiti, Payangan, Petang, Luwus, Candikuning, Wanagiri, Gitgit, Satera, Catur, Pempatan, Besakih, Buruan, Meliling, Abiansemal, Kemenuh, Bebandem, Duda, Sidemen, Ulakan. Terdaoat 10 hujan yang indikasi Masuk Musim Hujan yaitu Pos hujan Suraberata, Pengotan, Singarata, SUsut, Tampaksiring, Celuk, Sumerta, Ngurah Rai, Jimbaran dan Sanglah.


Rekomendasi untuk daerah-daerah dengan status peringatan dini curah hujan tinggi di atas, perlu melakukan langkah antisipasi antara lain : Waspada potensi rusaknya tanaman pertanian/perkebunan akibat banjir; Waspada meningkatnya potensi kejadian longsor pada daerah berlereng; Waspada meningkatnya potensi kejadian banjir di kawasan perumahan serta selalu melakukan update informasi kebencanaan melalui berbagai

kanal yang ada.