Berita

PRAKIRAAN WILAYAH POTENSI TERJADI GERAKAN TANAH/TANAH LONGSOR DI PROVINSI BALI BULAN JULI 2023

Hai #semetonTANGGUH

Kementerian ESDM, melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, melakukan upaya mitigasi bencana secara efektif untuk mengurangi risiko bencana di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah dengan menyusun peta Prakiraan Wilayah Potensi Terjadi Gerakan Tanah/Tanah Longsor di seluruh Provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Bali.


Hasil overlay antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan. Berikut rekomendasi-rekomendasi yang diberikan untuk semeton TANGGUH, antara lain :


✅ Wilayah-wilayah yang berpotensi agar meningkatkan kesiapsiagaan terhadap terjadinya gerakan tanah dan banjir bandang/aliran bahan rombakan, terutama saat terjadi hujan deras atau hujan yang berlangsung lama.


✅ Beberapa hal yang harus dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan ini adalah dengan tidak melakukan pemotongan lereng terlalu tegak, menghindari aktivitas di bawah atau pada lereng yang curam.


✅ Mewaspadai tanda-tanda awal terjadi gerakan tanah antara lain : mewaspadai munculnya mata air baru atau mata air menjadi keruh secara tiba-tiba, pembendungan alami sungai karena longsoran, munculnya retakan pada tanah, tiang listrik atau pohon miring ke arah lereng. 


Jika ditemukan tanda-tanda gerakan tanah tersebut agar segera berkoordinasi dengan instansi terkait.



#BPBDBali

#SiapUntukSelamat

#PusdalopsBali

#prakiraangerakantanahbali

#InformasiBencanaBali