Berita

LOKAKARYA INISIASI PENYUSUNAN RENCANA AKSI DAERAH ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM (RAD API) PROVINSI BALI

#semetonTANGGUH, Rabu (13/9/2023),

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin, bersama dengan Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, I Made Teja memberikan sambutan dan beberapa arahan untuk mengawali inisiasi proses penyusunan dokumen RAD API Provinsi Bali yang didukung oleh program SIAP SIAGA.


Disebutkan bahwa pentingnya mitigasi dan antisipasi terhadap dampak perubahan iklim, sehingga program-program yang terkait dengan perubahan iklim harus dipertimbangkan dalam kebijakan daerah. Termasuk pentingnya data lokal dalam proses penyusunan dokumen ini, karena akan digunakan untuk mengidentifikasi kerentanan dan kapasitas adaptasi di wilayah terkait. Disoroti juga terkait pentingnya integrasi dokumen RAD API ini kedalam RPJMD nantinya.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa instansi vertikal seperti Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara, BBMKG Wilayah III Denpasar dan Balai Pengendalian Perubahan Iklim Jawa Bali Nusra serta dihadiri oleh beberapa OPD Provinsi Bali seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Biro Hukum Setda Provinsi Bali, dan FPRB Provinsi Bali.


Sebagai rencana tindak lanjut pertemuan ini, diputuskan bahwa Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali yang menjadi leading sektor dalam proses penyusunan dokumen RAD API Provinsi Bali, tentunya dengan support penganggaran tetap dari BAPPEDA dan dikawal bersama dengan komitmen semua stakeholder terkait.


#SalamTangguh

#SiapUntukSelamat

#SalamKemanusiaan

#BpbdBali