Berita

FGD EVALUASI DAN KESEPAKATAN TINDAKLANJUT SERTIFIKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA

#SemetonTANGGUH Kamis, 30 November 2023, berlangsung Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Kesepakatan Tindaklanjut Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana di Ruang Rapat Tanggap UPTD. Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali. Acara yang berlangsung dari pukul 09.30 hingga 12.30 WITA ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan terkait Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana.


I Gede Agung Teja Bhusana Yadnya selaku Sekretaris BPBD Provinsi Bali, membuka acara FGD dengan menekankan pentingnya acara ini dalam menyelesaikan panduan sertifikasi. Poin penting yang menjadi fokus adalah perubahan indikator dimana dalam diskusi, terdapat sejumlah catatan dan masukan dari para peserta, diskusi juga menghasilkan revisi pada kriteria pemenuhan indikator serta kesepakatan terkait indikator yang masih memerlukan perbaikan, seperti mitigasi terhadap kelompok rentan dan penyandang disabilitas. Beberapa indikator dipindahkan posisinya dan diubah untuk memastikan pemenuhan yang lebih baik.


Rencana Tindak Lanjut berdasarkan hasil FGD antara lain pertemuan dan evaluasi tim verifikator multisektor dengan melibatkan mitra yang lebih kolaboratif, pembuatan template rencana mitigasi sebagai pedoman dan pelatihan bagi tim verifikator untuk pemahaman yang lebih baik terhadap proses sertifikasi.


Acara ini menjadi langkah awal dalam mengevaluasi serta menindaklanjuti proses Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana di Bali demi meningkatkan keselamatan dan kesiapsiagaan di sektor dunia usaha dan pariwisata.