Berita

WORKSHOP PENGUATAN PERALATAN & SISTEM TIK PUSDALOPS SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KESIAPSIAGAAN BENCANA

WORKSHOP PENGUATAN PERALATAN & SISTEM TIK PUSDALOPS SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KESIAPSIAGAAN BENCANA


#semetonTANGGUH BNPB dalam rangka menjalankan peran strategis pengambil tindakan yang tepat dan cepat menghadapi situasi darurat akibat bencana alam, Pusdalops akan membangun Sistem Informasi Manajemen Pusdalops (SIMAMPU). Kegiatan ini diawali dengan penyelenggaraan Workshop penguatan peralatan dan sistem TIK Pusdalops. Acara berlangsung di Baruna Holyday Inn dan dihadiri oleh perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari seluruh wilayah Indonesia. Bambang Surya Putra selaku Kepala Pusdalops BNPB menekankan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis BNPB dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi serta menangani situasi darurat akibat bencana alam dengan tindakan yang tepat dan responsif.


I Made Rentin selaku Kepala Pelaksana BPBD Provinsi, menyampaikan sambutan dalam acara tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Beliau mengungkapkan apresiasinya atas pemilihan Bali sebagai tuan rumah kegiatan yang berlangsung. Beliau juga menyampaikan informasi terkini mengenai kondisi kebencanaan di Bali, khususnya dampak yang ditimbulkan oleh fenomena El Niño, seperti kebakaran hutan dan yang paling signifikan adalah kebakaran TPA yang telah berhasil ditangani dengan efektif. Saat ini, BPBD Provinsi Bali tengah berfokus pada penanganan dampak dari bencana hidrometeorologi baik basah maupun kering sebagai upaya utama dalam meminimalisir risiko bencana lebih lanjut.


Diharapkan, hasil dari kegiatan workshop ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat kesiapsiagaan dan kemampuan operasional Pusdalops di masa depan dalam menangani berbagai situasi darurat yang mungkin terjadi di Indonesia.


#salamTANGGUH

#BpbdBali

#BaliTangguh