Berita

AUDIENSI BERSAMA PJ. BUPATI BULELENG TERKAIT DUKUNGAN PROGRAM SIAP SIAGA TAHUN 2024

AUDIENSI BERSAMA PJ. BUPATI BULELENG TERKAIT DUKUNGAN PROGRAM SIAP SIAGA TAHUN 2024


Mengawali tahun 2024, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Buleleng terselenggara pertemuan dukungan Program SIAP SIAGA sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di Kabupaten Buleleng pada Rabu (10/1/24). Acara ini dihadiri oleh Pj. Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, Dr. Drs. I Made Rentin, AP., M.Si., Koordinator Program SIAP SIAGA Tim Bali, Diyah Perwitosari, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Provinsi Bali, I Putu Suta Wijaya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S.STP, M.AP, serta jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Buleleng.


Kalaksa BPBD Provinsi Bali menjelaskan dua bentuk dukungan dukungan Program SIAP SIAGA, yakni penyusunan Rencana Kontingensi (Renkon) Banjir serta pembuatan AD/ART FPRB Kabupaten Buleleng. Kabupaten Buleleng dipandang sebagai contoh karena kelengkapan dokumen sub-urusan bencananya. Bahkan, Raperda Penanggulangan Bencana (PB) akan memasuki masa persidangan III. Harapannya, Raperda tersebut dapat mengakomodasi anggaran kebencanaan secara lebih jelas. Pihak BPBD Kabupaten Buleleng juga menyampaikan terima kasih atas dukungan ini. Selain Raperda, juga akan disusun Rencana Penanganan Kedaruratan Bencana dan Rencana Kontijensi Kekeringan di Tahun 2024.


Penanganan Adaptasi Perubahan Iklim, dan bagaimana kesetaraan gender, orang berkebutuhan khusus, dan inklusi sosial dapat memperoleh manfaat serta berperan aktif dalam penanggulangan bencana, menjadi poin utama dukungan Pemerintah Australia, sebagaimana dijelaskan oleh Koordinator Program SIAP SIAGA Tim Bali. Oleh karena itu, diambil langkah strategis dalam penyusunan Rencana Kontijensi Banjir dan AD/ART FPRB Kabupaten Buleleng.


Pj. Bupati Buleleng menyambut baik kerja sama ini karena menganggap kolaborasi multi pihak dalam penanggulangan bencana harus dilakukan. Beberapa hal yang ditekankan meliputi manajemen Penanggulangan Bencana yang didasarkan pada karakteristik bencana di daerahnya, penempatan peralatan Penanggulangan Bencana sesuai karakter bencana, penanggulangan permasalahan sampah, dan penilaian kinerja pemerintah desa dalam Penanggulangan Bencana yang akan dimasukkan ke dalam Raperda.


#SIAPSIAGA

#pemkabbuleleng

#FPRBBali

#bpbdbali

#salamtangguh