Berita

WORKSHOP ECO-DRR (ECOSYSTEM - BASED DISASTER RISK REDUCTION)

#semetonTANGGUH Rabu (15/05/2024) bertempat di Prama Beach Hotel Sanur, Kalaksa BPBD Provinsi Bali I Made Rentin hadir sebagai narasumber pada acara Workshop "Eco-DRR (Ecosystem-based Disaster Risk Reduction) dengan pembahasan Risiko Kebencanaan di Provinsi Bali. 


Workshop ini dihadiri oleh beberapa stakeholder yang bergerak di bidang pariwisata, lingkungan dan akademisi seperti Kementerian PUPR, DKLH Prov. Bali, BRIDA Prov. Bali, Dinas Pariwisata Prov. Bali, Universitas Udayana, MFRI Indonesia, Mangrove Ranger, Bendega, Eco Tourisme Bali, dan perwakilan Desa Sanur Kauh. 


Workshop Eco-DRR merupakan salah satu bagian dari Project SATREPS (Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development) sebagai salah satu program JST dan JICA yang melibatkan kerjasama antara peneliti Jepang dan Indonesia (Chuo University dan Tohoku University). 


Kalaksa BPBD Provinsi Bali menyampaikan informasi mengenai gambaran umum Provinsi Bali dan potensi ancaman bencana. Beliau juga menekankan bahwa Bali memiliki risiko bencana yang kompleks, terdapat 14 potensi ancaman bencana yang telah disepakati secara international. Oleh karena itu, betapa pentingnya menumbuhkan budaya sadar bencana, meningkatkan upaya pencegahan dan mitigasi bencana. Dalam paparannya Beliau juga menyampaikan salah satu inovasi Pemprov Bali yang dilakukan secara rutin adalah melaksanakan Hari Simulasi Bencana (HSB) setiap bulannya pada tanggal 26 dan Kegiatan Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) untuk hotel - hotel di Bali. 



#salamTANGGUH

#bpbdbali

#SiapUntukSelamat

#balitangguh